Berniat Beli Cincin Emas? Perhatikan Dulu Beberapa Tips Berikut Ini!

Share:

Beli Cincin Emas

Sejak dulu hingga sekarang, cincin emas menjadi salah satu jenis perhiasan yang sangat diidamkan dan menjadi favorit para wanita. Hal tersebut tidak terlepas dari keindahan yang dimilikinya. Namun mengingat perhiasan ini bukanlah barang murah, ada beberapa hal yang wajib diketahui saat akan beli cincin emas yang wajib Anda ketahui.

Tak hanya soal harga, cincin emas juga biasa digunakan sebagai simbol ikatan pertunangan hingga pernikahan.


Mengingat akan hal tersebut,  ketelitian dan kecermatan merupakan hal wajib yang harus diterapkan ketika Anda membeli cincin emas. 


Nah untuk membantu Anda, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips dalam proses pembelian cincin emas dengan tepat. Jadi, pastikan simak informasi di bawah ini sampai tuntas, ya!


  1. Sesuaikan ukuran cincin

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan dalam pembelian cincin emas adalah soal ukuran lingkar badan cincin. Cincin sendiri hadir dengan ukuran yang beragam. Jadi, pastikan ukurannya sesuai dengan jari Anda, tidak terlalu kebesaran ataupun kekecilan.


Faktor ini tentu bisa mempengaruhi kenyamanan saat perhiasan tersebut digunakan. Jika ukuran cincin terlalu besar, maka sudah pasti tidak akan nyaman dan memperbesar resiko cincin mudah terlepas. Sebaliknya, jika ukuran cincin terlalu kecil dapat menyebabkan penggunaannya membuat jemari sakit atau bahkan dalam beberapa waktu kedepan tidak akan masuk sama sekali. Jadi, pastikan ukurannya sesuai, ya!


  1. Ketahui harga pasaran cincin

Tips dalam membeli cincin emas selanjutnya yaitu pastikan Anda mengetahui harga pasaran cincin emas. Pasalnya emas juga bisa mengalami kenaikan atau keturunan harga. Namun tidak akan terlalu besar karena emas memiliki nilai harga yang relatif stabil.


Untuk mengetahui harga cincin emas di pasaran, Anda bisa melakukan pengecekan dengan berkunjung ke situs resmi atau marketplace toko emas. Disana Anda bisa menemukan informasi terkait harga perhiasan emas paling terbaru. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kepada orang terdekat yang belum lama membeli perhiasan emas.


  1. Besaran karat

Besaran karat emas pada sebuah cincin yang diinginkan juga sangat penting untuk diketahui. Hal tersebut karena besaran nilai karat dapat mempengaruhi kualitas dan harga perhiasan emas itu sendiri. Namun satu yang pasti, semakin tinggi kadar emas cincin yang Anda inginkan, maka akan semakin mahal pula harganya.


Meski kadar karat emas tertinggi adalah 24K, namun sangat jarang perhiasan yang menggunakannya karena terlalu sulit untuk dibentuk. Biasanya, besaran karat emas yang paling baik untuk sebuah perhiasan termasuk cincin adalah 18K.


  1. Model dan warna 

Model dan warna tentu tak kalah penting untuk diperhatikan. Saat ini sudah ada banyak sekali model cincin yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Meski sah-sah saja memilih cincin dengan model cincin mewah dengan desain yang rumit, akan tetapi jika Anda ingin cincin yang lebih fleksibel bisa digunakan kapanpun Anda sebaiknya pilih cincin model sederhana dengan desain yang yang simple.


Sedangkan untuk warna, Anda bisa memilih yang sesuai keinginan baik emas kuning, putih maupun emas jenis rose gold yang memiliki warna kemerahan.


Itulah dia beberapa tips yang bisa diperhatikan dan diterapkan ketika Anda akan membeli cincin emas untuk berbagai kebutuhan, baik hanya sebagai penunjang penampilan, menjadikannya sebagai cincin tunangan atau cincin nikah.


Selain beberapa tips diatas, untuk mendapatkan hasil terbaik pastikan Anda beli cincin emas hanya di toko perhiasan profesional dan terpercaya salah satunya yaitu The Palace Jeweler.

Tidak ada komentar