5 Cara Bekerja Sama dengan Digital Agency Jakarta Agar Efektif

Share:

 



Digital agency menawarkan jasa yang bisa membantu bisnis Anda seperti jasa SEO (Search Engine Optimization), SEA (Search Engine Advertising), pembuatan website dan aplikasi mobile, media sosial, dan lain sebagainya. Namun untuk mendapatkan hasil yang efektif dan positif, digital agency Jakarta tidak bisa bekerja sendiri. Anda sebagai klien juga memiliki peran penting dalam kesuksesan campaign. Berikut ini adalah cara bekerja sama dengan digital agency:

Membuat Brief dengan Baik

Langkah awal yang perlu Anda lakukan setelah memutuskan untuk bekerja sama dengan digital agency yaitu memperkenalkan brand. Buat pedoman ringkasan atau brief yang berkaitan dengan brand atau produk, tujuan bisnis, serta timeline yang sedang dijalankan. Informasi seputar brand bisa memaksimalkan kerja agensi karena mereka mengetahui apa yang harus ditonjolkan dari bisnis Anda. 

Melakukan Brainstorming Bersama

Bekerja sama dengan digital agency artinya Anda harus siap untuk koordinasi dan diskusi dengan banyak pihak. Tenang saja, biasanya ini dilakukan di awal campaign agar tidak terjadi miskomunikasi. Brainstorming atau diskusi mendalam dilakukan untuk menyamakan visi misi pemasaran dengan teknik pemasaran yang akan digunakan digital agency. Siapkan beberapa hal seperti latar belakang, tujuan, hasil yang diharapkan dari pemasaran, teknik komunikasi yang digunakan, dan lain sebagainya.

Mengetahui Alur Kerja Kreatif

Semua jasa digital agency pasti memiliki alur kerja sendiri-sendiri. Namun secar

a umum, berikut adalah alur kerja di bidang kreatif:



  • Findings atau penemuan

Hal pertama yang akan dilakukan digital agency yaitu mempelajari brand atau produk bisnis Anda. Mereka akan berusaha mencari apa keunikan dari produk Anda. Pasalnya keunikan tersebut bisa menjadi salah satu bahan dalam pembuatan content marketing.

  • Knowledge atau wawasan

Setelah menemukan keunikan, digital agency akan melakukan riset tambahan secara mendalam. Mereka perlu mengetahui bagaimana kondisi digital marketing dari bisnis Anda. Hal-hal yang akan dipelajari yaitu website, media sosial, dan lain sebagainya.

  • Ideation atau pembuatan ide

Pada proses pembuatan ide, digital agency akan mengajukan konsep konten pada klien. Peran Anda sebagai klien adalah memberikan tanggapan dan menyetujuinya. Jika ada tambahan bisa ditambahkan pada tahap ini. Anda bisa menyampaikan tambahan tersebut dalam bentuk keinginan, tidak harus ide jadi. Digital agency akan mengolah keinginan Anda menjadi sebuah ide yang menarik. Konsep konten akan terus direvisi sampai disetujui klien.

  • Execution atau eksekusi ide

Langkah terakhir yang dilakukan digital agency adalah eksekusi ide. Mereka juga akan terus melakukan pemantauan sesuai jenis pemasaran yang dijalankan.

Menjadi Mitra yang Baik

Jika menginginkan hasil yang baik, maka Anda juga harus menjadi mitra atau klien yang baik. Jadilah proaktif agar alur kerja yang dijalankan digital agency lancar. Jika komunikasi berjalan dengan lancar dan semua kebutuhan pemasaran terpenuhi, maka akan lebih mudah mendapatkan tujuan bisnis.

Memberikan Feedback

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan saat bekerja sama dengan digital agency adalah memberikan feedback atau umpan balik. Menjalankan digital campaign tidak semudah bayangan kebanyakan orang. Butuh komunikasi dan koordinasi. Feedback yang Anda berikan bisa membantu meningkatkan pemasaran. Jadi digital agency bisa memperbaikinya sesuai keinginan klien.

Itulah 5 cara bekerja sama dengan digital agency Jakarta agar hasilnya efektif dan efisien. Sekarang saatnya mencari agensi yang kompeten dan berpengalaman. IDEOWORKS adalah agensi berpengalaman yang sudah melayani klien sejak tahun 2013. Sudah lebih dari 3.000 perusahaan berskala kecil sampai besar yang bekerja sama. Anda bisa menjadi salah satunya dengan mengajukan kerja sama sesuai kebutuhan. Tim IDEOWORKS bisa Anda hubungi melalui website www.ideoworks.id

Tidak ada komentar